Menlu Israel: Pasca peristiwa berdarah terakhir di Gaza,  Indonesia larang warga masuk warga Israel ke wilayahnya

Tel Aviv, SPNA - Juru bicara Kementerian Luar Negeri Israel Emmanuel Nahson melaporkan bahwa pemerintah Indonesia membatalkan  penerbitan visa bagi warga Israel ...

BY 4adminEdited Wed,23 May 2018,10:31 AM

Tel Aviv, SPNA - Juru bicara Kementerian Luar Negeri Israel Emmanuel Nahson melaporkan bahwa pemerintah Indonesia membatalkan  penerbitan visa bagi warga Israel serta melarang warga Israel masuk ke wilayahnya.

Nahson dalam keterangannya yang dilansir Yediot Ahronot dan situs Calcalistech, Selasa (22/05/2018) menyatakan bahwa tindakan tersebut dilakukan pemerintah Indonesia untuk merespon peristiwa berdarah di Jalur Gaza. Ia  menambahkan bahwa pihaknya  sedang melobi agar Indonesia membatalkan keputusan tersebut.

“Larangan masuk ke  Indonesia sudah  mulai berlaku pekan lalu, bersama dengan kecaman keras pemerintah  Indonesia atas apa yang terjadi di Jalur Gaza,’’ tambahnya.

Israel tidak memiliki hubungan diplomatik resmi dengan Indonesia, meskipun demikian keduanya tetap mempertahankan hubungan ekonomi dimana Israel dapat mengunjungi Indonesia menggunakan visa turis dan visa kerja, seperti dilaporkan RtArabic.

Hingga saat ini 1112 warga Palestina gugur dan 13190 lainnya luka-luka sejak digelarnya demosntrasi masal peringatan Great March of Return di perbatasan Gaza 30 Maret lalu. 

Demonstrasi tersebut bertujuan menuntut pemerinntah pendudukan Israel mengembalikan warga Palestina yang telah diusir sejak 1948 ke tanah air mereka serta menolak relokasi kedubes AS ke Al-Quds.

Awal Desember lalu, Presiden AS Donald Trump menetapkan secara resmi bahwa seluruh wilayah Al-Quds ibukota bagi Israel dan telah meresmikan kedubes AS di Al-Quds, Senin (15/05/2018).

Hal ini membuat hubungan Palestina dan AS tegang serta memancing kemarahan umat Islam di seluruh dunia.

Langkah AS tersebut  juga ditentang oleh Majelis Umum PBB yang menetapkan sebuah resolusi dengan dukungan 128 negara. PBB menyatakan bahwa status Al-Quds harus diselesaikan melalui perundingan langsung antara Palestina dan Israel, sesuai dengan resolusi Dewan Keamanan PBB terkait.

Senin lalu (14/05/2018) Amerika Serikat meresmikan kedutaannya di Yerusalem, Presiden AS Donald Trump melalui teleconference menegaskan bahwa Yerusalem adalah ibu kota Israel.

(T.RS/S:RtArabic)

leave a reply
Posting terakhir

MASYARAKAT INDONESIA BUKA PASAR SEMBAKO INDONESIA GRATIS DI PALESTINA, Bantuan dari Rakyat Indonesia untuk warga Gaza

 Pertama pasar sembako gratis digelar oleh masyarakat Indonesia Palestina tepatnya dikota Gaza, ratusan warga Gaza banjiri pasar sembako amanah dari rakyat Indonesia, mereka bebas memilih kebutuhan dan keperluan makanan sehari-hari seperti beras, minyak goreng, gula, garam, kurma, makarona dengan total 16 item jenis makanan, insya Allah pada Ramadhan 2019 ini kita gelar dengan program sama yaitu PASAR SEMBAKO INDONESIA GRATIS dan PASAR SAYUR DAN BUAH GRATIS, ungkap Abdillah Onim-Humanitarian activist and diplomacy Indonesia di Gaza.